Cara Menampilkan Watermark Pada Lembar Kerja di Excel

Watermark adalah gambar atau teks yang muncul dan biasanya secara transparan yang terlihat pada setiap halaman kerja dan akan tercetak pada saat di print.

Secara resmi Excel tidak memiliki watermark untuk dicetak, tetapi Anda dapat menambahkan watermark dengan menyisipkan di halaman header atau footer.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

Buatlah atau siapkan gambar yang ingin digunakan sebagai watermark

Lalu buka lembar kerja yang ingin disisipkan watermarknya.

Setelah itu pilih Insert dan pilih Header&Footer.




Pilih Header&Footer Tools > Header & Footer Element > Picture untuk menampilkan kotak dialog Insert Picture.

Lalu pilih Insert Picture dan cari lokasi file yang telah Anda siapkan di harddisk, kemudian klik Insert untuk mensisipkan gambar


Lalu klik diluar header untuk melihat gambar Anda.


Untuk mengatur tampilan gambar, pastikan bahwa posisi kursor masih dalam header, lalu pilih Format Picture,


Setelah terbuka jendela format picture atur sesuai keinginan Anda., jika watermark pada gambar ingin transparan agar teks di lembar kerja terbaca, aturlah Image control pada posisi brihtnessnya hingga misalnya 80%.


Hasil gambar yang dijadikan sebagai watermark pada lemvar kerja.



Agar watermark dalam hal ini gambarnya tidak terlalu membebani file, compress gambarnya ke posisi Web/Sceen sehingga resolusinya menjadi lebih kecil, lalu OK



Selamat mencoba…

No comments

Silahkan Berkomentar dengan kata-kata yang baik dan sopan dikarenakan blog ini untuk semua umur. Terimakasih

Powered by Blogger.