Pola Makan Yang Benar Berdasarkan Tipe Tubuh

Diet Benar Sesuai Tipe Tubuh Ada orang yang ingin langsing karena merasa memiliki tubuh yang gemuk, dan ada juga orang yang ingin menjadi gemuk karena merasa tubuhnya terlalu kurus. Salah satu factor yang memengaruhi seseorang dalam menurunkan atau menaikkan berat badan adalah tingkat metabolism dalam tubuh. Tiap tipe tubuh memiliki tingkat metabolism yang berbeda-beda. Bagi kamu yang sedang dalam program untuk menurunkan atau menaikkan berat badan, tidak ada salahnya kamu kenali pola makan yang benar berdasarkan tipe tubuh kamu, karena saya yakin ini akan sangat membantu agar programmu itu bisa berhasil.
Tubuh Manusia dikategorikan ke dalam tiga tipe tubuh, yaitu tipe Endormorf, Mesomorf, dan Ektomorf. Untuk lebih jelasnya mengenai karakteristik ketiga tipe tubuh tersebut, kamu bisa membaca Seperti Apakah Bentuk Tubuhmu?
1. Endormorf 
Tipe tubuh endormorf memiliki kadar lemak dalam tubuh yang tinggi. Orang dengan tipe tubh seperti ini memerlukan usaha yang cukup keras untuk menurunkan berat badan. Metabolisme tipe tubuh endormorf juga lebih lambat dibandingkan tipe tubuh lainnya. Oleh karena itulah orang dengan tipe tubuh endormorf harus berhati-hati dalam hal pemilihan makanan yang dikonsumsi.
Orang dengan tipe tubuh endormorf harus memilih makanan rendah kalori yang lebih mudah dicerna tubuh. Program menurunkan berat badan akan berjalan lebih mudah, apabila sebagian besar makanan yang dikonsumsi adalah jenis buah-buahan, dan sayuran.
Jenis makanan yang berupa karbohidrat komplek boleh saja dimasukkan dalam menu makan sehari-hari, namun dengan porsi yang tidak terlalu banyak dan usahakan jangan memakannya pada waktu malam hari. Untuk asupan proteinnya, orang dengan tipe tubuh endormorf bisa memilih makanan sumber protein dari daging ayam rendah lemak, ikan, dan suplemen asam amino.
Pola makan yang pas untuk tipe tubuh ini yaitu 30 % protein, 60 % karbohidrat, dan 10 % lemak. Makanan yang tinggi protein namun rendah karbohidrat akan memasok asam amino ke dalam tubuh.
2. Mesomorf
Tipe tubuh mesomorf merupakan tipe tubuh yang paling bisa mengontrol berat badan dengan baik, karena memiliki metabolism yang cepat. Karena metabolisme tubuh yang cukup cepat dan lebih mudah dalam menjaga berat badan ideal, maka kamu bisa memakan makanan-makanan favoritmu.
Jika kamu memiliki tipe tubuh mesomorf, beberapa keuntungannya adalah :
• Sedikit olahraga/latihan dapat dengan mudah menurunkan berat badan
• Metabolisme tubuh yang cepat memungkinkan kamu untuk menikmati makanan favoritmu
• Tidak harus terlalu ketat dalam hal berdiet
• Lebih mudah dalam menjaga berat badan yang pas
• Persentase lemak tubuh lebih sedikit
Saran pola makan yang baik bagi tipe tubuh mesomorf adalah menyeimbangkan protein dan karbohidrat agar keseimbangan kondisi tubuh tetap terjaga.
3. Ektomorf
Tipe tubuh yang kurus dan lurus ini memiliki kadar lemak dalam tubuh yang rendah. Dengan metablisme tubuh yang sangat cepat, tipe tubuh ektomorf mampu mempertahankan bentuk tubuh sehingga tetap langsing.
Jika kamu termasuk ke dalam tipe tubuh ektomorf dan berniat untuk meningkatkan berat badan kamu, pilihlah makanan yang tinggi protein dan tinggi karbohidrat. Mungkin kamu juga perlu konsultan nutrisi untuk membantumu dalam menghitung berapa jumlah kalori yang kamu butuhkan.

No comments

Silahkan Berkomentar dengan kata-kata yang baik dan sopan dikarenakan blog ini untuk semua umur. Terimakasih

Powered by Blogger.