Rangka CB150R dan CBR150R, Jauh Berbeda.
Sejak belum diluncurkan pun, Honda CB150R
selalu dikaitkan dengan CBR150R. Banyak yang beranggapan kalau CB150R
adalah versi naked dari CBR150R. Biar enggak bingung, langsung kita
intip perbedaan keduanya. Mulai dari rangka dan kaki-kakinya dulu ya!
Secara kasat mata jelas sekali terlihat kalau keduanya dibekali rangka yang berbeda. CB150R menggunakan tipe turbular atau biasa dikenal dengan teralis. "Kami menyebut rangka ini dengan istilah Truss Frame," buka Sarwono Edhi, Technical Training Development PT Astra Honda Motor (AHM).
"Rangka ini malah lebih mirip yang dipakai pada CBR250R
ketimbang CBR150R," sambung pria ramah yang akrab disapa Edhi ini.
Sedang CBR150R mengusung rangka tipe deltabox atau twin tube. "Soal
stabilitas sudah kami uji, keduanya sama baiknya," yakinnya.
Suspensi depan-belakangnya juga berbeda. Depannya sama-sama mengusung tipe teleskopik tapi karakter redamannya berbeda. Sokbraker depan CB150R lengkap dengan disk brake-nya serupa dengan yang digunakan pada New MegaPro.
Suspensi belakang malah lebih mencolok bedanya, CB150R menggunakan tipe pro link seperti yang digunakan CBR250R, sedang pada CBR150R sokbraker langsung menempel pada swing arm tanpa ada link penghubung.
Hal lain yang membedakan keduanya adalah pada sumbu roda. CB150R lebih pendek hanya 1.288 mm, sedang CBR150R mencapai 1.310 mm. Karakter lincahnya bisa dipastikan lebih baik CB150R, hal ini sesuai dengan konsep motor sport perkotaan.
Ukuran bannya juga berbeda. CB150R cuma 80/90-17 di depan dan 100/80-17 di belakang. Sedang CBR150R ban depannya 100/80-17 dan yang belakang 130/70-17. (motorplus-online.com)
Secara kasat mata jelas sekali terlihat kalau keduanya dibekali rangka yang berbeda. CB150R menggunakan tipe turbular atau biasa dikenal dengan teralis. "Kami menyebut rangka ini dengan istilah Truss Frame," buka Sarwono Edhi, Technical Training Development PT Astra Honda Motor (AHM).
Suspensi depan-belakangnya juga berbeda. Depannya sama-sama mengusung tipe teleskopik tapi karakter redamannya berbeda. Sokbraker depan CB150R lengkap dengan disk brake-nya serupa dengan yang digunakan pada New MegaPro.
Suspensi belakang malah lebih mencolok bedanya, CB150R menggunakan tipe pro link seperti yang digunakan CBR250R, sedang pada CBR150R sokbraker langsung menempel pada swing arm tanpa ada link penghubung.
Rangka CBR150R yang sebelah kiri
"Sistem pro link mampu meredam getaran lebih baik. Selain itu
juga dapat meningkatkan traksi roda belakang sehingga lebih stabil
sekaligus nyaman saat berkendara," jelas Edhi.Hal lain yang membedakan keduanya adalah pada sumbu roda. CB150R lebih pendek hanya 1.288 mm, sedang CBR150R mencapai 1.310 mm. Karakter lincahnya bisa dipastikan lebih baik CB150R, hal ini sesuai dengan konsep motor sport perkotaan.
Pelek sama lebarnya
Desain peleknya sama persis, baik CB150R maupun CBR150R
sama-sama palang lima. Ukurannya jauh beda, CBR150R pakai lebar 3.5 inci
di belakang dan 2.5 inci di depan. Sedang CB150R pakai ukuran sama
seperti pelek New MegaPro yaitu 2.5 inci di belakang dan 1.85 inci di
depan. Ukuran bannya juga berbeda. CB150R cuma 80/90-17 di depan dan 100/80-17 di belakang. Sedang CBR150R ban depannya 100/80-17 dan yang belakang 130/70-17. (motorplus-online.com)
Post a Comment