Program Menghitung Luas Bujursangkar, Persegi Panjang dan Lingkaran dengan Pascal

program hitung_luas; {nama program}
uses crt;
var   {deklarasi variabel untuk program utama}
pilih : integer;   
hasil : real;   
ulang : char;  
 
{membuat fungsi menu bertipe data integer}
function menu : integer
var    pil:integer; {deklarasi variabel utk fungsi menu} 
begin      {tampilkan menu program}     
writeln('==============================');    
writeln('     Program Hitung Luas');     
writeln('==============================');     
writeln('1. Hitung Luas Lingkaran');     
writeln('2. Hitung Luas Segitiga');     
writeln('3. Hitung Luas Persegi');     
writeln('==============================');     
write  ('     Pilihan Anda: ');
readln(pil); {meminta input dari user dan disimpan di variabel pil}     
writeln('==============================');     
menu := pil; {mengembalikan nilai variabel pil pada fungsi menu} 
end;   {akhir fungsi menu}  
 
{membuat fungsi lingkaran bertipe data real}
function lingkaran : real
var    {deklarasi variabel utk fungsi lingkaran}   
pi, r : real
begin     
write('Jari-jari Lingkaran: '); {meminta input jari-jari lingkaran}     
read(r);                     {dan disimpan di variabel r}      
pi := 3.14; {memasukkan nilai 3.14 pd variabel pi}      
lingkaran := pi*r*r; {menghitung luas lingkaran dan mengembalikan nilai hasil pada fungsi lingkaran} 
end{akhir fungsi lingkaran}  
 
{membuat fungsi segitiga bertipe data real}
function segitiga : real
var    a, t : real; {deklarasi variabel utk fungsi segitiga} 
begin    
write('Alas Segitiga : ');{meminta input alas segitiga}    
readln(a);               {dan disimpan di variabel a }     
write('Tinggi Segitiga : ');{meminta input tinggi segitiga}    
readln(t);                  {dan disimpan di variabel t }     
segitiga := 0.5*a*t;  {menghitung luas segitiga dan mengembalikan nilai hasil pada fungsi segitiga} 
end; {akhir fungsi segitiga}  
 
{membuat fungsi persegi bertipe data real}
function persegi : real
var    p, l : real{deklarasi variabel utk fungsi persegi} 
begin     
write('Panjang Persegi : '); {meminta input panjang persegi}     
readln(p);                   {dan disimpan di variabel p }      
write('Lebar Persegi : ');  {meminta input lebar persegi}     
readln(l);                  {dan disimpan di variabel l }      
persegi := p*l;  {menghitung luas persegi dan mengembalikan nilai hasil pada fungsi persegi} 
end; {akhir fungsi persegi}  
 
{membuat prosedur nama utk menampilkan nama pembuat program ini}
procedure nama; begin      writeln('==============================');     
writeln('           Andi Sholihin');  {tampilkan nama pembuat program}    
writeln('      Teknik Informatika');     
writeln('==============================');     
writeln;
end;   {akhir prosedur nama}  
 
{Program utama}
begin   
repeat  {lakukan perulangan repeat-until}      
clrscr;  {clear screen, membersihkan layar}      
nama; {memanggil prosedur nama}      
pilih := menu; {memanggil fungsi menu dan menyimpan pengembalian nilainya di variabel pilih}      
case pilih of {penyeleksian kondisi variabel pilih dgn struktur Case}           
1 : hasil := lingkaran ; {jika pilih = 1 maka panggil fungsi lingkaran dan masukkan hasilnya ke variabel hasil}           
2 : hasil := segitiga ;  {jika pilih = 2 maka panggil fungsi segitiga dan masukkan hasilnya ke variabel hasil}           
3 : hasil := persegi ;   {jika pilih = 3 maka panggil fungsi persegi dan masukkan hasilnya ke variabel hasil}           
else writeln('Pilihan Anda Salah!');   {jika pilihan salah maka tampilkan peringatan}                writeln('==============================');     
end;      
if (pilih < 4) and (pilih > 0) then {jika nilai pilih lebih kecil dari 4 dan lebih besar dari 0}       
begin         
writeln('=============================='); {maka tampilkan nilai dari variabel hasil}         
writeln('Hasil Perhitungan: ',hasil:5:2);         
writeln('==============================');       
end;   
write('Coba lagi? (y/n) : ');
readln(ulang); {meminta input apakah akan mengulang program? inputan disimpan di variabel ulang}   
until (ulang = 'n') or (ulang = 'N') ;  {perulangan repeat berhenti jika nilai variabel ulang = 'n' atau 'N'}   
end{akhir program utama} 

Nah di atas rumus masih dengan luas segitiga , dan silahkan ganti dengan rumus Luas bujursangkar . kurang lebih begini sintaksnya :

var
S,L : real;
Begin
writeln('Cara menghitung Luas Bujur Sangkar ');
write('Masukan panjang sisi Bujur sangkar : '); readln (S);
L:=S*S;
write(' luas bujur sangkar adalah =',L:9:2);
writeln(' Meter Kuadrat ');
End.

Semoga membantu :)

No comments

Silahkan Berkomentar dengan kata-kata yang baik dan sopan dikarenakan blog ini untuk semua umur. Terimakasih

Powered by Blogger.