Program Menghitung Luas Bujursangkar, Persegi Panjang dan Lingkaran dengan Pascal
program hitung_luas; {nama program}uses crt; var   {deklarasi variabel untuk program utama}pilih : integer;    hasil : real;    ulang : char;   {membuat fungsi menu bertipe data integer}function menu : integer;  var    pil:integer; {deklarasi variabel utk fungsi menu} begin      {tampilkan menu program}     writeln('==============================');     writeln('     Program Hitung Luas');      writeln('==============================');      writeln('1. Hitung Luas Lingkaran');      writeln('2. Hitung Luas Segitiga');      writeln('3. Hitung Luas Persegi');      writeln('==============================');      write  ('     Pilihan Anda: ');readln(pil); {meminta input dari user dan disimpan di variabel pil}     writeln('==============================');      menu := pil; {mengembalikan nilai variabel pil pada fungsi menu} end;   {akhir fungsi menu}  {membuat fungsi lingkaran bertipe data real}function lingkaran : real;  var    {deklarasi variabel utk fungsi lingkaran}   pi, r : real;  begin     write('Jari-jari Lingkaran: '); {meminta input jari-jari lingkaran}     read(r);                     {dan disimpan di variabel r}      pi := 3.14; {memasukkan nilai 3.14 pd variabel pi}      lingkaran := pi*r*r; {menghitung luas lingkaran dan mengembalikan nilai hasil pada fungsi lingkaran} end;  {akhir fungsi lingkaran}  {membuat fungsi segitiga bertipe data real}function segitiga : real;  var    a, t : real; {deklarasi variabel utk fungsi segitiga} begin    write('Alas Segitiga : ');{meminta input alas segitiga}    readln(a);               {dan disimpan di variabel a }     write('Tinggi Segitiga : ');{meminta input tinggi segitiga}    readln(t);                  {dan disimpan di variabel t }     segitiga := 0.5*a*t;  {menghitung luas segitiga dan mengembalikan nilai hasil pada fungsi segitiga} end; {akhir fungsi segitiga}  {membuat fungsi persegi bertipe data real}function persegi : real ;  var    p, l : real;  {deklarasi variabel utk fungsi persegi} begin     write('Panjang Persegi : '); {meminta input panjang persegi}     readln(p);                   {dan disimpan di variabel p }      write('Lebar Persegi : ');  {meminta input lebar persegi}     readln(l);                  {dan disimpan di variabel l }      persegi := p*l;  {menghitung luas persegi dan mengembalikan nilai hasil pada fungsi persegi} end; {akhir fungsi persegi}  {membuat prosedur nama utk menampilkan nama pembuat program ini}procedure nama; begin      writeln('==============================');      writeln('           Andi Sholihin');  {tampilkan nama pembuat program}    writeln('      Teknik Informatika');      writeln('==============================');      writeln; end;   {akhir prosedur nama}  {Program utama}begin   repeat  {lakukan perulangan repeat-until}      clrscr;  {clear screen, membersihkan layar}      nama; {memanggil prosedur nama}      pilih := menu; {memanggil fungsi menu dan menyimpan pengembalian nilainya di variabel pilih}      case pilih of {penyeleksian kondisi variabel pilih dgn struktur Case}           1 : hasil := lingkaran ; {jika pilih = 1 maka panggil fungsi lingkaran dan masukkan hasilnya ke variabel hasil}           2 : hasil := segitiga ;  {jika pilih = 2 maka panggil fungsi segitiga dan masukkan hasilnya ke variabel hasil}           3 : hasil := persegi ;   {jika pilih = 3 maka panggil fungsi persegi dan masukkan hasilnya ke variabel hasil}           else writeln('Pilihan Anda Salah!');   {jika pilihan salah maka tampilkan peringatan}                writeln('==============================');      end;       if (pilih < 4) and (pilih > 0) then {jika nilai pilih lebih kecil dari 4 dan lebih besar dari 0}       begin         writeln('=============================='); {maka tampilkan nilai dari variabel hasil}         writeln('Hasil Perhitungan: ',hasil:5:2);          writeln('==============================');        end;    write('Coba lagi? (y/n) : ');readln(ulang); {meminta input apakah akan mengulang program? inputan disimpan di variabel ulang}   until (ulang = 'n') or (ulang = 'N') ;  {perulangan repeat berhenti jika nilai variabel ulang = 'n' atau 'N'}   end.  {akhir program utama}  Nah di atas rumus masih dengan luas segitiga , dan silahkan ganti dengan rumus Luas bujursangkar . kurang lebih begini sintaksnya :
var
S,L : real;
Begin
writeln('Cara menghitung Luas Bujur Sangkar ');
write('Masukan panjang sisi Bujur sangkar : '); readln (S);
L:=S*S;
write(' luas bujur sangkar adalah =',L:9:2);
writeln(' Meter Kuadrat ');
End.
Semoga membantu :)
Post a Comment