Tips Aman Menggunakan Catokan Rambut

Setiap orang memiliki mahkota yang sangat berharga di kepala mereka, baik wanita maupun pria. Mahkota yang indah dan tak ternilai itu adalah rambut. Meskipun begitu, kebanyakan kaum wanitalah yang lebih peduli pada kesehatan dan kecantikan rambutnya.
Sebagai makhluk yang sangat mempedulikan penampilannya, wanita tentunya akan memperhatikan penampilannya mulai dari ujung rambut hingga ke ujung kaki. Oleh karena itu, rambut tentunya tidak luput dari perhatian mereka.
Para wanita sering kali bolak balik menuju salon hanya untuk mencatok rambutnya. Selain itu, ada juga beberapa di antara mereka yang bahkan memiliki alat ajaib ini. Alat catokan rambut dikatakan ajaib karena bisa membuat rambut tertata secara indah.
Selain itu, alat ajaib ini juga bisa membuat rambut anda menjadi lurus dalam waktu yang singkat atau beberapa menit saja. Oleh karena itu, bagi anda pemilik rambut keriting yang sulit untuk di atur, anda bisa mneggunakan catok rambut ini agar rambut anda menjadi lurus, rapi dan cantik.
Namun, perlu anda ketahui bahwa penggunaan catokan rambut yang terlalu seirng juga bisa merusak rambut anda. Rambut dapat menjadi mudah rontok, mudah patah dan bahkan menjadi kusam dan tidak sedap dipandang.
Wanita biasanya rela mengeluarkan biaya yang besar untuk senantiasa tampil dengan rambut yang sehat dan terawat. Namun, sebenarnya ada beberapa tips aman menggunakan catokan rambut yang bisa anda pelajari, sehingga biaya yang anda keluarkan tidak terlalu besar.
Untuk lebih jelas mengenai tips aman menggunakan catokan rambut, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.
  • Memilih lapisan catok

Sebelum anda membeli alat catokan rambut, sebaiknya anda perhatikan lapisan catokan terlebih dahulu. Jangan memilih alat catok yang menggunakan lapisan besi, karena ini akan menghantarkan panas secara langsung. Hal ini tentunya akan sangat berbahaya terhadap rambut karena dapat membuat rambut cepat rusak.
Alat catok rambut yang baik adalah alat catok rambut yang memiliki lapisan keramik turmalin. Kombinasi dari lapisan ini mampu menyebarkan panas secara merata ke setiap helai rambut dan dianggap ampuh meluruskan rambut keriting.
  • Rambut harus berada dalam keadaan kering

Salah satu tips aman menggunakan catokan rambut adalah keadaan rambut yang kering. Apabila anda menggunakan catokan rambut pada rambut yang basah, maka batang rambut anda akan mudah rusak, sehingga rambut akan lebih cepat mengalami kerusakan.
  • Gunakan serum rambut

Sekarang ini, sudah banyak dijual serum rambut dengan berbagai merk dan model. Penggunaan serum rambut sebelum mencatok rambut ini sangat dianjurkan, karena serum ini dapat membuat rambut menjadi lembut dan mempermudah proses pencatokan.
  • Menggunakan alat catok

Dalam menggunakan alat catokan rambut, sebaiknya jangan terlalu dekat dengan akar rambut. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk mencegah kulit kepala terkena panas langsung dari alat catok tersebut. Sebaiknya anda melakukan proses catok secara perlahan dan bertahap.
Anda bisa melakukannya dengan mulai beberapa centimeter dari akar rambut hingga ke ujung rambut. Tekanlah alat catok hingga ke ujung rambut tanpa berhenti agar rambut tidak mudah patah.
  • Atur rambut sesuai keinginan

Setelah anda mendapatkan hasil catok sesuai dengan keinginan anda, aturlah rambut anda semenawan mungkin. Namun, sebaiknya anda jangan menggunakan sisir, karena rambut bisa patah. Sisirlah rambut anda dengan menggunakan tangan dan bila perlu gunakan hair spray agar bentuk rambut anda tidak mudah berubah.
  • Bersihkan alat catok

Salah satu tips aman menggunakan catokan rambut adalah dengan membiarkan permukaan alat catok menjadi dingin setelah anda menggunakannya. Setelah itu, bersihkan permukaan lapisannya dan simpanlah pada tempat yang bersih agar alat catok lebih awet dan selalu berada dalam fungsi yang maksimal ketika digunakan.
Selain itu, jangan menggunakan alat catok setiap harinya. Sebaiknya gunakan ketika ada acara-acara tertentu saja, misalnya menghadiri resepsi pernikahan atau acara yang bersifat formal lainnya.
Saat anda mengistirahatkan rambut anda, anda juga bisa menggunakan vitamin rambut untuk memberi nutrisi yang cukup kepada rambut.
Inilah sekilas mengenai tips aman menggunakan catokan rambut. Semoga bermanfaat

No comments

Silahkan Berkomentar dengan kata-kata yang baik dan sopan dikarenakan blog ini untuk semua umur. Terimakasih

Powered by Blogger.