Lapisan Berlian Pada Ring Piston Chevrolet Sonic (Aveo) Dan Cruze
Jika beberapa waktu lalu Peugeot "RCZ" bertaburan 81 ribu berlian di sekujur body-nya, lain halnya dengan yang ini. Berlian yang biasanya dipakai untuk perhiasan eksklusif dan untuk memotong benda-benda keras, kini keistimewaan itu, dimanfaatkan Chevrolet sebagai lapisan di salah satu komponen yang menjadi “jantung” mesin, yaitu cincin (ring) piston.
Secara resmi Chevrolet pun sudah mengumumkan, bahwa ring piston yang berlapiskan berlian itu akan digunakannya pada mesin Ecotec 1.4L turbo yang akan menjadi sumber tenaga "Sonic (Aveo) dan Cruze" keluaran produksi tahun ini.
Hal ini bertujuan untuk mengurangi gesekan ring dengan dinding silinder. Oleh karenanya, maka kerja mesin akan semakin efisien, irit bahan bakar, dan yang tak kalah menariknya daya tahan atau umur pakai pun akan jauh lebih hebat.
Mengingat, berlian ialah materi yang sangat keras, maka dengan teknologi pengerasan berlian, ring piston bisa lebih merapat ke silinder dan tekanan yang keras. Chevrolet mengaku, teknologi ini pertama kalinya digunakan untuk mesin buatan mereka.
DLC
Teknologi ini disebut juga diamond-like carbon coating (DLC), pelapisan karbon seperti berlian. Teknik ini dilakukan dengan membuat permukaan sintetik dan dinilai canggih dengan aplikasi pada otomotif yang relatif baru.
Sebelumnya, teknik tersebut hanya diaplikasikan pada produk terknologi canggih terkini, yaitu “hard drive” komputer, implan bedah tulang (orthopedic implant) dan semi-konduktor. Dijelaskan pula, GM saat ini juga menguji teknik ini untuk digunakanpada perkakas pengerjaan mesin (machine tools).
Mengurangi Gesekan
Cincin piston berfungsi menyekat ruang bakar pada mesin, membantu memindahkan panas dari piston ke dinding silinder dan mengurangi pemakaian oli. Pada mesin Ecotec 1.4L Turbo, ring bajanya dibuat dengan permukaan mulus dan diperkeras secara sintetik. Tujuannya, untuk meningkatkan daya tahan atau tidak cepat cepat aus.
“Terima kasih terhadap proses pelapisan berlian. Karena tegangan ring lebih rendah, gesekan pada permukaan dinding silinder berkurang. Konsumsi bahan bakar tentu saja lebih makin irit,” kata Rich Ricchi, GM Powertrain Technical Specialist. Ditambahkan, DLC juga menggurangi konsumsi, tingkat keausan juga rendah karena menggunakan lapisan DLC.
Lebih Irit
Dengan menggunakan ring piston berlian, mesin Ecotec 1.4L turbo dan transmisi 6-percepatan, konsumsi bahan bakar Sonic, diperkirakan dengan metode EPA - 12,3 kpl di dalam kota dan 17 kpl di jalan tol. Sedangkan pada Chevrolet Cruze, 11 kpl di kota dan 16 kpl di jalan tol.
Dijelaskan pula, bahwa aplikasi teknologi ini tergantung pada intensitas penggunaannya. Pelapisan karbon seperti berlian, direkayasa secara kimia untuk menahan keausan, mengontrol gesekan dan mengurangi daya lengket.
Untuk industri, GM menggunakan formula DLC pada mata bor. Tujuannya, mencegah aluminium menempel pada mata bor yang menyebabkan terjadinya “getah” dan menyebabkan proses kerja jadi lambat.
Selain pada ring piston, GM juga melihat peluang besar DLC dapat digunakan untuk tuas atau pelatuk katup yang mulai diproduksi pada awal 2014.
“Melalui riset bertahun-tahun di laboratorium, kami memahami proses DLC pada level atomik. Teknik ini punya harapan masa depan bagus karena bisa digunakan untuk memudahkan proses pembuatan komponen dan meningkatkan kualitasnya. Bagi konsumen, biaya perawatan juga murah,” beber Michael Lukits, periset senior GM.
Sayangnya, sejauh ini pihak GM tidak menjelaskan, apakah proses dengan menggunakan berlian ini akan menyebabkan harga ring piston tersebut menjadi mahal? Tunggu saja kabar selanjutnya.
Post a Comment