Nissan Juke


 
Ilustrasi mobil terbaru

Hampir sepanjang tahun kita akan dengan mudah mendapatkan informasi dan promosi dari para produsen mobil tentang mobil baru yang mereka produksi. Hal ini menunjukkan bahwa potensi masyarakat Indonesia masih dianggap baik dalam tingkat ekonomi dan kesejahteraan.
Sehingga hal ini berdampak pada proyeksi pembelian mobil baru yang mungkin dilakukan oleh masyarakat sepanjang waktunya. Apalagi, pada saat ini beragam kemudahan sudah banyak ditawarkan kepada konsumen dalam proses pembelian mobil. Baik melalui kredit maupun secara tunai, akan dilayani oleh produsen mobil di tanah air.
Meski demikian, produsen mobil baru ini seperti memiliki waktu yang dianggap pas untuk meluncurkan produk baru mereka. Dua moment yang banyak digunakan sebagai masa mengenalkan produk baru tersebut adalah pada akhir tahun dan mendekati perayaan hari raya Idul Fitri. Di dua waktu tersebut, proses pembelian mobil baru oleh masyarakat Indonesia akan meningkat dengan cepat.
Tujuannya adalah mempersiapkan diri menyambut dua hari istimewa tersebut, sehingga mereka tidak mengalami kesulitan masalah transportasi untuk menyambut kedua perayaan tersebut. Di sisi lain, dengan membeli mobil baru pada momen istimewa tersebut, dianggap mampu mengangkat gengsi dan status sosial seseorang di tengah masyarakat dan kerabat yang mereka kunjungi.
Salah satu diantara beberapa produsen yang merilis mobil baru mereka menjelang perayaan Idul Fitri tahun 2x4 v z011 adalah Nissan. Dengan membawa bendera Nissan Mobil Indonesia, produsen ini kembali meluncurkan produk baru mereka di bulan Juni. Hal ini persis sebagaimana yang pernah mereka lakukan pada tahun 2007, dimana pada saat itu mereka memilih bulan Juni untuk melepaskan varian baru mereka, yaitu Nissan Grand Livina ke tengah masyarakat.
Bulan Juni dipilih mengingat pada bulan tersebut adalah bersamaaan dengan waktu liburan anak sekolah. Sehingga dengan meluncurkan mobil baru pada bulan tersebut, dianggap akan menjadi sebuah kendaraan pilihan guna menghabiskan waktu libur dan juga mempersiapkan masa mudik lebaran.

Penampakan Nissan Juke
Salah satu produk terbaru Nissan yang diluncurkan awal Juni 2011 adalah Nissan Juke. Mobil ini dipercaya mampu menjadi pilihan keluarga Indonesia, dengan tampilannya yang unik serta didukung desain mesin yang tangguh.
Keunikan mobil baru dari Nissan ini diantaranya adalah penampilannya yang memadukan ketangguhan sebuah mobil berkarakter Sport Utility Vehicle atau SUV dengan kemewahan yang banyak ditawarkan pada mobil sport. Hal ini demikian kuat ditonjolkan pada penampilan gril Nissan Juke ini, dengan desain lampu yang bulat seperti ciri khas mobil sport.
Juke bukan hanya sangat kecil, dan sangat cepat, sangat ... khas. Ia tidak memiliki banyak garis-garis lurus atau cantik sudut pandang. Ini adalah ekstrovert dari jenis, tato ritual-bekas luka.
Subkompak lebih sporty dari semua SUV khusus pada segala cuaca, sintal di bawah, atau cantiknya sudut yang didukung Juke memiliki salah satu drivetrains paling canggih tersedia di semua produk Nissan. Ini merupakan benda dengan 188-tenaga kuda, 1.6 liter empat silinder berbodi ringan dan suspensi depan independen untuk memberikan Nissan Juke mampu mencapai rpm tinggi dan respon kemudi cepat.
Kursi depan dalam Juke diposisikan lebih tinggi untuk visibilitas lebih baik seperti "perintah" posisi mengemudi, dan kursi pengemudi dapat diatur tidak hanya untuk tinggi badan, tetapi untuk sudut sandaran juga. Tapi ada tidak yang berlimpah ruang kepala atau lutut yang lega, dan orang dewasa yang lebih besar akan harus membiasakan untuk bergesekan dengan pintu dan konsol tengah. Enam kaki penumpang hanya akan tertekan ke kursi belakang, sehingga belum tentu sangat nyaman. Bagian bawah kursi belakang diposisikan tinggi, juga, tapi ruang kepala lumayan sedikit kedua jok depan tergeser ke depan. Tetapi, anak-anak akan jauh lebih nyaman.

Kemampuan
Di dapur pacunya, mobil ini dibekali dengan mesin berkapasitas 1500 cc bertipe HR 15 DE. Pada mesin ini, dilengkapi dengan dual injector yang diproduksi massal untuk pertama kalinya. Pada varian lain, tersedia pula Nissan Juke yang dibekali dengan mesin lebih besar, yaitu 1600 CC. Mesin ini bertipe MR 16 DDT, dengan diimbuhi turbocharger dengan DOHC (Double Overhead Chamsaft).
Pada versi 1600 cc, mampu menghasilkan kekuatan sebesar 188 tenaga kuda pada putaran mesin 5600. Dengan daya sebesar itu, Nissan Juke ini mampu dipacu hingga mencapai kecepatan 160 km/ jam pada jalan lurus. Tenaga mesin pun masih bisa dimaksimalkan hingga mencapai 6400 putaran per menit. Hanya saja, pada putaran tersebut, tenaga yang dihasilkan sudah kurang maksimal lagi.
Dengan perbandingan kompresi sebesar 9,5 :1, mobil ini mampu menghaslkan angkatan torsi maksimum 177 lb pada 2000-5200 rpm. Sistem DIG atau sequential Injection Gasoline pun ditempelkan guna mendukung kelancaran proses pembakaran mobil ini.
Untuk mendapatkan mobil ini, ditawarkan dua jenis harga untuk masing masing variannya. Untuk Nissan Juke CVT, harga yang dibandrol adalah 255.100.000 sementara untuk Nissan RX diberi penghargaan sebesar 265.100.00. Kedua harga yang ditawarkan tersebut adalah harga on the road bagi konsumen.
Di Indonesia sendiri, mobil seperti Nissan Juke ini nyaris jarang dijumpai diproduksi oleh produsen mobil tanah air. Sehingga bisa dikatakan mobil yang memiliki paduan SUV dan mobil sport ini, hanya bisa ditemukan pada tampilan Nissan Juke.
Bagi mereka yang gemar berpetualang dalam memiliki mobil yang unik, pilihan Nissan Juke ini sangatlah tepat. Sebab, pada akhirnya dengan membeli mobil ini perannya akan bergeser. Mobil ini bukan lagi sekadar menjadi alat transportasi, namun juga akan menjadi sarana aktualisasi diri bagi pemiliknya.
Nissan Juke memiliki banyak rincian pintar terbungkus exoskeleton I-CON sistem kontrol throttle remaps dan transmisi kontrol untuk meningkatkan ekonomi bahan bakar atau tanggapan sporty, dan saham ruang layar LCD dengan kontrol iklim Juke itu. All-wheel drive adalah pilihan, tapi lebih ada sebagai lauk untuk model itu suspensi belakang yang lebih maju, lebih sedikit untuk keuntungan traksi di salju dan es. A, sistem yang bagus murah navigasi pilihan, tapi dengan itu dan besar-tiket lainnya item, Juke subkompak.
Nissan tahu ruang Juke masih dalam kategori ‘sempit dan terbatas’, tapi berharap untuk menghindari kekecewaan melalui sistem disiapkan oleh yang sangat baik, desain utama seperti Kia Sportage, untuk menemukan pembeli yang ingin sesuatu yang sama sekali tak terduga. Mereka akan mendapatkannya dalam mega dosis dalam Juke, dan mungkin mereka juga akan mendapatkan rasa masa depan crossover sementara berada di jalan dan mengendarainya.

Kelemahan Mobil Nissan Juke
Di sisi lain, mobil Nissan Juke juga memiki kelemahan. Meski kelemahan yang ada tidak terlalu banyak, namun bagi mereka yang hendak menggunakan mobil ini pada medan tertentu harus mulai berpikir ulang.
Sebab, mobil yang dirancang dengan paduan sport dan SUV ini kurang mampu melahap medan berkarakter berat sebagaimana yang bisa dirambah dengan mudah oleh mobil SUV. Hal ini terjadi ketika dilakukan uji coba mobil ini di kawasan Bali, terutama saat melewati kawasan Jatiwuluh.
Pada kawasan tersebut, karakter jalan yang bergelombang cukup menunjukkan kelemahan yang melekat pada Nissan Juke ini. Beberapa kendala yang muncul di medan bergelombang tersebut diantaranya masuknya suara mesin ke dalam kabin sehingga menimbulkan suara berisik. Selain itu, raungan mesin pun seperti terdengar lebih kuat menyalak.
Namun, bagi mereka yang hendak menggunakan mobil baru ini untuk menempuh medan yang halus seperti di perkotaan, tidak banyak masalah yang akan ditemui. Manuver yang cukup stabil, disebabkan daya cengkeram ban yang sangat kuat melekat ke aspal menimbulkan kenyamanan tersendiri. Selain itu, terpaan angin bisa dimimalisir dengan rancangan mobil yang cukup aerodinamis, sehingga mobil ini bisa diajak berlari kencang tanpa harus takut akan goncangan angin dari arah depan.

No comments

Silahkan Berkomentar dengan kata-kata yang baik dan sopan dikarenakan blog ini untuk semua umur. Terimakasih

Powered by Blogger.