Ciri - Ciri Tebu Hitam Yang Asli

Tebu Hitam Hitam,

Daun
Sering kita menemui kesalahan dalam menentukan mana tebu hitam dan mana yang bukan.. berikut saya tampilkan kepada anda bagaimana memilih tebu yang benar-benar tebu hitam
Tebu Hitam berdaun keungu-unguan, Jika ada tebu berwarna ungu tapi daunya hijau, maka itu bukan tebu hitam. Kemungkinan itu adalah Tebu Agung, tebu yang banyak kandungan airnya, dan biasanya nanti tumbuh panjang dan besar batangnya.
Tebu Ireng

Bagian Dalam( Setelah dikupas)
Bagian dalam tebu hitam itu nampak seperti kecoklat-coklatan kadang, kekuning-kuningan gitu. Dan cenderung manis sekali jika di sesap. Kalau mengupasnya terlalu tipis, maka tebu ini akan terasa keras, tetapi jika agak di perdalam, tebu ini empuk dan manis. Oleh karena itu biasanya untuk tidak mengurangi khasiatnya, tebu ini digeprek terlebih dahulu lalu direbus bersama kulitnya.
Batang
Batang tebu ireng yang asli tidak terlalu besar... dan ada macamnya, kadang kalau tanahnya bagus, ruas tebu hitam ini bisa panjang-panjang. Tetapi kalau tanahnya biasa kurang bagus, tebu ini punya ruas yang pendek-pendek.

Ruas Batang
Ruas Batangnya panjang-panjang.. dan cenderung lebih panjang dari tebu selainnya...(jika tanahnya bagus)  yaitu sekitar 15cm. Untuk lebih jelasnya lihat pada gambar di bawah ini


Tebu Hitam



Manfaat Tebu Hitam

Dengan ciri-ciri khusus yang terdapat pada tebu hitam ini, yaitu 

  • Daun keungu-unguan
  • Bentuk batang lurus dan berwarna hitam keungu-unguan, malah kalau tampak dari jauh terlihat hitam.
  • Batang tidak terlalu besar, dan jika dikupas kulitnya.. ada semburat warna yang berbeda dari tebu biasa, tidak putih dan tidak kuning.. kayak ada warna kayak ada kecoklat-coklatan.


Bukan Tebu Hitam,
Untuk menentukan itu Tebu hitam atau bukan.. anda perlu memperhatikan beberapa aspek.. yaitu daun, Batang, Bagian dalamnya, dan ruas batangnya...berikut info lebih lengkapnya.. Berikut ini juga saya bedanya tebu hitam dan bukan dengan membandingkanya..

Selain itu anda saya tampilkan gambar yang saya peroleh dari internet yang dapat menerangkan lagi kepada anda tentang salah sangka terhadap tebu hitam, padahal bukan tebu hitam...


Bukan Tebu Hitam

Tebu Hitam; Beda Tebu Hitam dan yang bukan Tebu  Hitam

1 comment:

Silahkan Berkomentar dengan kata-kata yang baik dan sopan dikarenakan blog ini untuk semua umur. Terimakasih

Powered by Blogger.