Mangfaat Tebu Ireng / Hitam

Menurut dr. C.J. Soegiharjo Apt. dari fakultas Farmasi Universitas Gajah Mada Yogyakarta, air perasan tebu memiliki efek anti diabetic
Bila diminum Ia mampu mengatasi diabetes” paparnya ketika ia ditemui TRUBUS. Air tebu mengandung sakaran, senyawa anti diabetik. Sayangnya dalam pengolahan menjadi gula pasir, senyawa itu hilang saat proses pemanasan. Yang bertahan justru sakarosa, senyawa pencetus diabetes.
Tebu juga mengandung asam lemak  yang memiliki efek anti radang dan analgetik.
Ini dibuktikan dengan pemberian suatu campuran asam lemak yang diisolasi dari tebu kepada tikus. Tikus yang kesakitan setelah diletakkan diatas piring panas dan diberi asam asetat, menjadi tenang setelah minum larutan itu.

Secara tradisional masyarakat memang sudah memanfaatkan tebu sebagai antiracun, antiseptic, pengencer dahak dan obat lambung. Bahkan ia juga dipakai untuk mengobati kangker paru-paru, beberapa tumor, dan menyembuhkan luka. Gula tebu juga digunakan untuk pengobatan gonore dan gangguan vagina. Ampas tebu dipakai untuk menutup luka dan membalut patah tulang. Di India jus tebu menjadi obat untuk tumor dibagian perut. Jadi manfaat tebu tak hanya sebatas untuk bahan baku gula pasir saja.
(TRUBUS 422, JANUARI 2005 (XXX)

Manfaat lain dari Tebu Hitam :
Tentu saja hal ini akan membedakan manfaatnya dengan tebu-tebu lainya. Tebu-tebu lain itu juga bermanfaat, tetapi manfaatnya ada yang tidak ada pada tebu hitam ini. Berikut ini beberapa paparan tentang manfaat tebu ireng.


  1. Meredakan Jantung Berdebar: 3 genggam akar tebu hitam. Dicuci dan direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas. Minum 2 kali sehari.
  2. Sakit Panas: Tebu hitam secukupnya, diperas untuk diambil airnya, lalu diminum. Ini juga bisa dapat menjadi pereda Panas Dalam.
  3. Batuk: 3-5 ruas tebu hitam, disesap dan diminum airnya. Atau, dibakar, kemudian dikupas dan diperas untuk diambil airnya.
  4. Maag: dapat menjadi solusi bagi penderita Maag. 
  5. Sebagai pertolongan pertama bagi orang yang merasa letih dan lesu.
  6. Pertolongan pertama bagi penderita Hipertiroid. Baca Penyakit Hipertiroid

No comments

Silahkan Berkomentar dengan kata-kata yang baik dan sopan dikarenakan blog ini untuk semua umur. Terimakasih

Powered by Blogger.